Menggunakan Google Search Operator untuk Mencari Informasi yang Spesifik

Avatar photo

Google adalah database yang sangat besar dari situs web yang diindeks didalamnya, Maka dari itu dalam hal pencarian biasanya Google tidak menampilkan hasil pencarian yang kita cari. Algoritma di balik pencarian Google dapat menyebabkan banyak hasil yang tidak relevan. Namun, dengan bantuan Operator ini, kita dapat lebih mudah saat mencari informasi yang sensitif terhadap waktu atau yang sulit ditemukan.

Contoh kasus seperti ini, saya ingin mencari sebuah artikel tentang permasalahan pada python.

Bisa dilihat hasilnya ? Untuk pencarian tentang library yang selalu update secara aktif, sebuah artikel dari 2014 masih menjadi prioritas untuk hasil yang disajikan pada 2019.
Satu contoh kasus lagi, disini saya ingin mencari Standar list feature C++, dengan query “std :: list”. But.. tapi apa yang saya dapat ? Kebanyakan tidak relevan bahkan ada artikel tentang Penyakit sexual menular apaan dahh -_

Maka dari itu saya ingin menuliskan cara memahami Google menemukan informasi dan menggunakan operator untuk mencari apa yang kita inginkan.

Pertama apa yang kita butuhkan ?

Yang terpeting adalah browser dan akses internet udah itu aja, satu lagi segelas kopi biar gak sepaneng. Dari tadi kek serius amat wkwk.

Coba liat beberapa operator di bawah ini :

Untuk melihat daftar operator Google yang terdokumentasi bisa klik disini

Finding Software Related Result

Nah disini saat kita mencari pertanyaan yang berkisar seputar software, salah satu hal paling penting untuk dipertimbangkan adalah waktu. Ketika sesuatu dirilis pastinya akan selalu update nantinya, jangan sampai sesuatu hasil yang gak berguna yang kita dapat.

Ada dua cara untuk mengatasi ini. Yang pertama adalah mengklik opsi “Alat” dan kemudian “kapan saja”, dan pilih “tahun lalu.” Yang kedua adalah menentukan tanggal untuk menemukan hasil sebelum atau sesudah. Format untuk ini adalah before:tanggal dan after:tanggal.

Tanggal rilis dari suatu artikel juga bukan jaminan, karena saya juga mempunyai web dimana web tersebut bisa diatur untuk mempublikasikan artikel. So sebagai contoh saya ingin membandingkan suatu hasil pencarian antara web metrojateng.com dengan radartegal.com dengan query “Beasiswa”

site:metrojateng.com OR site:radartegal.com before:2017 "Beasiswa"

Dengan menambahkan before:2017 ke string, kita hanya akan menemukan hasil setelah 2017 diterbitkan di situs web ini.

Removing Unwanted Results

Katakanlah kita perlu menghapus hasil pencarian yang tidak diinginkan, contoh  “Beasiswa Tegal”. Cara paling sederhana untuk melakukan ini adalah dengan operator (-), yang dapat kita gunakan untuk menghilangkan hasil yang mengandung frase kunci yang tidak ada dalam hasil yang kita inginkan.

Misal kita tidak ingin menampilkan hasil yang mengandung kata “kuliah”. kita bisa tambahkan query seperti ini “Beasiswa Tegal” -kuliah

Nah disini kita juga bisa memfilter web tertentu yang tidak kita inginkan muncul di hasil pencarian, Misal web tribunnews.com ingin kita hilangkan saat mencari berita. kenapa tribunnews min ? yamaap kalo makin diliat isinya cuman penjilat seo bukan berita lagi upsss 😡

Sebelum menggunakan operator filter (-)
Sesudah menggunakan operator filter (-)

Identifying Files on Specific Domains

Kita juga dapat mencari file tertentu dengan menggabungkan situs dan operator file type, memungkin menemukan file yang seharusnya tidak dibuat untuk publik. Bisa juga menemukan dokumen resmi dari suatu web. Salah satu contoh type file yang sangat relevan adalah PDF

Bisa dilihat file sensitif yang berisi nik kk dari website tegalkab.go.id bisa kita peroleh secara mudah, bayangkan betapa mirisnya privacy seseorang -_

Pengetahuan ini berguna tidak hanya untuk hacker tetapi bagi siapa pun yang perlu mencari pertanyaan tentang teknologi atau software dan sebagainya. Adapaun versi yang lebih canggih (ngeri) dari ini, yaitu Google Dorking, yang memungkinkan kita untuk mencari sistem yang memiliki kerentanan dengan menggunakan operator untuk menemukan string teks pada halaman yang terpublik.

Sekian terima kasih.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Hack WordPress with XMLRPC Bruteforcer

Next Post

Hacker Iseng Meretas Website Resmi Kepolisian Resor Tegal

Related Posts

Registration Pegawai Vulnerability Upload

***************************************************# Exploit Title: Registration Pegawai Vulnerability Upload# Google Dork:intext:”Registrasi Pegawai” ext:phpinurl:registrasi.php intext:”Registrasi Pegawai”Etc.# Exploit: /registrasi.php# Date: 07/02/2018# Author:…
Avatar photo
Read More